LINGKUNGAN BISNIS PELUANG BISNIS WARNET (Warung Internet)

TUGAS
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“PELUANG BISNIS WARNET (Warung Internet)”
 
 
 
 
 
                                                           NAMA    : Apri Kusuma Aji
                                                           NIM        : 15.11.8674
                                                           KELAS   : 15 S1 TI - 03
 



STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016
 
 
 
 
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat, inayah, hidayah serta anugrah-Nya kepada saya, sehingga syukur alhamdulillah saya dapat menyelesaikan tugas Lingkungan Bisnis yang diberikan oleh Bapak Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. ke-Seluruh Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Tahun Akademik 2015/2016, yang bertema tentang “Peluang Bisnis”. Dalam hal ini saya akan membuat Tugas Karya Ilmiah dengan judul “Usaha Warnet (Warung Internet)”. Apabila Dalam pembuatan Tugas ini mungkin ada kesalahan tentang isi pada artikel ini, saya mohon maaf, dan jika terdapat kebenaran jadikan itu pelajaran dan semangat untuk kita semua serta untuk memulai usaha. Pada kesempatan ini, penyusu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.    Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. selaku  dosen pengampu mata kuliah Lingkungan Bisnis.
2.  Keluarga dan teman-teman yang telah memberikan nasihat dan masukan untuk membuat artikel ini.
3. Seluruh pihak yang telah membantu terselesaikannya penyusunan artikel ini, mengucapkan terimakasih.
Semoga budi baik beliau di atas mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Menyadari bahwa Tugas Akhir ini memiliki kekurangan karena terbatasnya kemampuan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun akan penyusun terima dengan senang hati.
 
 
ABSTRAKS
Karya ilmiah ini berisi tentang peluang usaha mendirikan Warnet. Bisnis Warnet memang sangat menjanjikan apalagi bila kita berada dikota besar di Indonesia maupun yang tentunya terdapat banyak sekali sekolah, perguruan tinggi dan banyak kantor-kantor maupun pabrik-pabrik.
Bisnis ini merupakan bisnis dalam jangka panjang karena selama masih ada banyak perguruan tinggi, kantor maupun pabrik kota tidak akan sepi dari para pelanggan dan menjadikan bisnis ini bisnis jangka panjang dan menguntungkan bagi diri kita.
Dan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang maka minat pelangganpun akan meningkat, seperti koneksi/akses internet yang memadahi, menyediakan media hiburan yang lengkap dan selalu update, serta parkir yang luas dan lain sebagainya sehingga fasilitas-fasilitas tersebut dapat menigkatkan minat pelanggan untuk datang ke Warnet.
Target atau sasaran dari bisnis ini adalah semua orang/global terutama pelajar/mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk yang lainnya karena sekarang tidak hanya para pelajar saja yang membutuhkan internet maupun layanan-layanan nya.

PEMBAHASAN

             Memang Internet sekarang mejadi hal yang tidak asing di kalangan manapun. Dan dengan berkembang nya kebutuhan Internet apalagi yang memadahi, maka akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama pelajar/mahasiswa. Di sini saya akan membahas apa saja yang harus dilakukan saat kita akan mendirikan Warnet dan apa saja hal-hal yang harus di perhatikan.
 
      1. Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai bisnis Warnet
            Dalam memulai usaha warnet kita harus tahu apa itu warnet.warnet kepanjangan dari warung internet yang merupakan usaha pelayanan jasa kepada orang lain untuk dapat berkomunikasi dan mencari informasi yang di butuhkan. langsung saja untuk memulai usaha warnet (warung internet)yang paling penting ,yaitu :
  •        Tempat/lokasi Warnet
           Lokasi merupakan hal yang harus pertama diperhatikan dalam memulai usaha warnet, kenapa? karena kalau di lokasi tempat usaha warnet yang akan kita bangun tidak ada user/pelanggan maka warnet kita tidak akan laku atau dengan kata usaha warnet kita malah bangkrut. untuk memilih tempat warnet sebaiknya dekat dengan sekolah/perguruan tinggi, tempat ramai misal, cafe, mall dll. selain dari itu juga koneksi jaringan internet sangat di butuhkan oleh anak-anak sekolahan dan mahasiswa di antaranya untuk mencetak tugas, mengirim e-mail, mencari bahan tugas, skripsi dll.
  •        Komputer (Hardware & Software)
             Untuk memilih komputer sebaiknya di sesuaikan dengan budget dan tujuan warnet kita, maksudnya apakah warnet kita akan berinternetan saja atau dengan game online. kalau usaha warnet kita hanya berinternetan saja komputer yang spesifikasinya pentium III sudah cukup dan di tambah ram supaya tidak terlalu lambat. dan untuk game online spesifikasi komputernya lebih dari 2 - 3 jt per unitnya. selain memperhatikan hardware kita juga harus memperhatikan softwarenya apakah mau berbasis windows atau open source/linux (kalau menurut saya mengunakan open source atau linux tidak begitu familiar/dimengerti).
 
  •        Internet Service Provider (ISP)
                 Pemilihan ISP sangatlah penting dalam memulai uasah warnet, selain di lihat dari kualitas koneksi dan dalam kestabilannya menjadi suatu yang perlu di perhatikan.
 
  •         Desain Ruangan
                 Selain memperhatikan tahapan sebelumnya untuk memulai usaha warnet, kita juga harus memperhatikan desain ruangan warnet kita supaya user/pelanggan/konsumen kita merasa nyaman dan betah . menurut saya setiap unit memakai sekat sudah cukup, asalkan monitornya tertutup. tetapi bila budget kita masih cukup sebaiknya di tambah fitur lainya seperti bantal duduk, warung kecil-kecilan dll.
 
  •         Pemasaran
                 Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka proses pemasaran dilakukan. ada banyak cara untuk melakukan pemasaran yaitu melalui media cetak (pamflet, spanduk/poster), media elektronik (radio,tv dan internet) dan media masa (koran).oh iya kalau soal harga kita harus memulai dengan harga promosi supaya pelanggan tertarik dan datang ke warnet kita.
 
  •         Pelayanan
                  Banyak konsumen kalau ingin pergi ke salah satu warnet pasti melihat dulu pelayananya, contohnya operator. operator atau sering di panggil OP adalah ujung tombak dalam sebuah / tempat usaha warnet karena semua isi dalam warnet di kendalikan oleh seorang OP. menjaadi seorang OP harus mempunyai keterampilan dalam bidang IT dan bukan itu saja seorang OP juga harus mempunyai etika dalam pelayananya .
 
2. Software-software penting untuk Warnet
    Kita sebagai pengusaha warnet apabila ingin menginstal beberapa aplikasi untuk komputer/pc warnet anda, maka dibutuhkan beberapa software penting untuk di instal di komputer/pc warnet anda. Disini saya akan membagikan pengetahuan saya bagi anda yang terjun ke dunia usaha warnet. Di bawah ini ada beberapa software penting , diantarnya :
  • Time Billing/Waktu Penagihan
          Software billing wajib ada pada suatu komputer server maupun komputer client dengan mengunakan billing kita dapat melihat berapa lama komputer kita terpakai oleh user dan kita juga dapat pula melihat tarif harga yang harus di bayar oleh user.
  • Browser
        Browser merupakan aplikasi yang sangat wajib ada di sebuah warnet, kenapa? karena browser merupakan aplikasi gerbang pertama yang bisa mengantarkan kita ke dunia maya. Aplikasi browser banyak macamnya diantaranya : IE, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome dan masih banyak lagi.
  • Office
     Office atau dalam bahasa indonesia artinya kantor atau perkantoran adalah aplikasi yang kegunanya untuk mengolah data-data berupa pengolah kata, pengolah angka dsb yang di gunakan oleh user. Contoh dari Aplikasi ini adalah Microsoft Office, Open Office dan Adobe Reader. Dan apabila akan memangkas anggaran Warnet maka pakailah software Office yang Free/Open Source sperti Polaris Office atau Kingsoft Office dan lain sebagainya.
  • Photos and Images
        Untuk mengolah gambar biasanya seorang operator warnet dituntut untuk bisa mengubah gambar sesuai dengan keinginan user. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat merubah, memanipulasi, menambah dan menggabungkan gambar yang kita inginkan. Contoh dari aplikasi ini adalah adobe photoshop, corel draw , picasa dan masih banyak lagi.
 
  • Multimedia
       Software multimedia merupakan aplikasi hiburan bagi usernya. dengan mengunakan aplikasi multimedia, user dapat mendengarkan musik, melihat video, bermain game dll. Contoh dari apliaksi multimedia adalah Winamp, Aimp, K-lite codec, Realplayer, dll. Dan apabila perlu dapat juga menambahkan konverte-konverter multimedia agar aplikasi di PC lebih bervariasi.
 
  • Anti Virus
         Software ini wajib di instal di komputer server maupun di komputer client mengingat bahwa dan karena komputer di warnet selalu dipakai oleh banyak orang oleh karena itu semua komputer yang ada di warnet wajib di instal antivirus . Kegunaan Antivirus adalah untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Meskipun tidak 100% bersih dari virus.
 
  • Restore
         Aplikasi restore adalah software yang berfungsi untuk mengembalikan sistem operasi komputer ke keadaan semula setelah melakukan restart, atau dengan kata lain membekukan sistem operasi komputer kita. Contoh dari aplikasi ini adalah Deep FreezeDeep Freeze, oleh Faronics, adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan sistem operasi SUSE Linux yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti dan file konfigurasi pada sebuah workstation atau server dengan mengembalikan komputer kembali ke yang asli konfigurasi asli setiap kali restart komputer.



REFERENSI
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar